Tuesday, November 21, 2017

Apa itu termux?

Jika anda menggunakan smartphone android, anda dapat menjalankan perintah Linux dengan beberapa aplikasi terminal yang akan saya bahas kali ini. Aplikasi tersebut dapat anda download dengan gratis di play store. Berikut ini beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk menjalankan perintah Linux di android.

1. Terminal Emulator

Terminal Emulator adalah aplikasi yang cukup populer untuk menjalankan perintah Linux di Android. Karena mempunyai tampilan yang mirip dengan terminal Linux di desktop PC dan juga ringan ketika digunakan.

2. AirTerm

Salah satu yang unik dari aplikasi ini adalah kita dapat menggunakannya sambil membuka aplikasi lainnya karena framenya dapat diresize dengan mudah layaknya aplikasi desktop PC.

3. Qute

Jika anda menginginkan penggunaan yang mudah, anda dapat mencoba Qute. Salah satu keunggulannya adalah memberikan auto suggest perintah Linux ketika kita mengetikkan huruf di textfieldnya.

4. Termux

Termux adalah aplikasi terminal Linux di android yang cukup lengkap, karena selain menjalankan perintah Linux, kita juga dapat menginstall aplikasi dengan menggunakan baris perintah mirip terminal Linux di desktop PC. Termux dapat diinstall pada android minimal versi 5.0 (Lollipop).

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Untuk pertanyaan, saran dan kritik silahkan ditulis dikolom komentar.

No comments:

Post a Comment